Nasional

Menteri Trenggono Perjuangkan Kesejahteraan 6 Ribu Nelayan Lokal Kepri

INDOPOSCO.ID – Menteri Kelautan dan Perikanan (KP) Sakti Wahyu Trenggono berkomitmen memperjuangkan kesejahteraan sekitar 6.000 lebih nelayan lokal Kepulauan Riau (Kepri) melalui kebijakan penangkapan terukur.

“Kita akan menerapkan kebijakan penangkapan terukur mulai 2022,” kata Menteri Wahyu saat kunjungan kerja ke Kabupaten Bintan, Kepri, Jumat (26/11/2021).

Wahyu Trenggono menyampaikan bahwa kebijakan tersebut merupakan salah satu bagian dari rencana kebijakan baru di sektor perikanan.

Baca Juga : KNTI Minta Aceh Optimalkan Perhatian ke Nelayan Tradisional

Menurutnya hal ini sesuai dengan kondisi geografis Kepri yang terdiri dari 96 persen lautan dengan potensi perikanan mencapai 1,1 juta ton per tahun.

“Selama ini kita sudah terlalu lama memunggungi laut. Setelah memilah-memilah dan melihat secara langsung, melalui kebijakan ini nantinya sektor perikanan benar-benar akan memberikan manfaat bagi negara, khususnya di daerah,” ujarnya.

Wahyu mengatakan ke depan industri perikanan akan dipusatkan di Kepri. Nantinya, nelayan lokal hanya menjual ikan di dalam daerah itu, sementara pengusaha tidak boleh membawa ikan ke luar dari daerah tersebut.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button