Nasional

Menparekraf: Desa Wisata di Tana Toraja Dapat Jadi Daya Ungkit Ekonomi

INDOPOSCO.ID – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengharapkan pemerintah daerah di Desa Kole Sawangan, Tana Toraja, Sulawesi Selatan, mempersiapkan wilayahnya menjadi desa wisata yang dapat menjadi daya ungkit ekonomi melalui terbukanya lapangan kerja.

Sebagai desa wisata rintisan, Kole Sawangan dinilai siap menyambut wisatawan dengan atraksi dan daya tarik yang dimiliki.

“Ini juga karena kerja cepat dari birokrasi Pemerintah Kabupaten Tana Toraja yang sudah mengeluarkan SK (desa wisata) dan mengurus kelengkapan dokumen. Karena desa wisata itu bisa maju kalau dukungannya adalah semua pihak berkolaborasi,” kata Menparekraf saat melakukan visitasi ke desa wisata tersebut sebagaimana dalam keterangan pers, di Jakarta, Minggu (21/11).

Desa Wisata Kole Sawangan ditetapkan sebagai salah satu dari 50 desa wisata terbaik di ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021. Kole Sawangan baru mengajukan untuk menjadi desa wisata pada empat bulan lalu.

Kekuatan adat dan budaya menjadi daya tarik utama dari Desa Wisata Kole Sawangan.

Seperti kawasan Toraja pada umumnya, di desa wisata ini wisatawan disebut bisa menemui deretan Tongkonan atau rumah adat orang Toraja yang indah nan megah. Tongkonan merupakan rumah panggung tradisional masyarakat Toraja berbentuk persegi empat panjang.

Di Kole Sawangan wisatawan dapat melihat salah satu Tongkonan tertua di Toraja. Tongkonan itu awalnya dibangun pada tahun 1200 dan beratap batu, namun pada tahun 1939, Tongkonan itu terbakar dan baru dipugar 7 tahun kemudian.

Melalui Tongkonan itu, wisatawan dikatakan akan mendapatkan gambaran kesahajaan masyarakat Toraja yang sangat menghormati budaya luhur.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button