Nasional

Pacu Geliat Ekspor di Daerah, Bea Cukai Gandeng Instansi Lain

INDOPOSCO.ID – Dalam rangka mendorong percepatan dan efektivitas pemulihan ekonomi nasional, Bea Cukai terus berupaya meningkatkan volume ekspor di daerah lewat bersinergi dengan instansi lain. Kali ini upaya tersebut digalakkan oleh Bea Cukai Makassar, Kediri, Meulaboh, serta Kanwil Bea Cukai Sumbagtim.

Di Sulawesi Selatan, Bea Cukai Makassar melaksanakan rapat koordinasi bersama Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar untuk menggali potensi ekspor daerah. Kepala Kantor Bea Cukai Makassar, Andhi Pramono menyebutkan bahwa potensi ekspor Kepulauan Selayar lumayan banyak, mulai dari produk perikanan, rumput laut dan kelapa. Selanjutnya Andhi juga menegaskan komitmen Bea Cukai dalam mendorong ekspor. “Kami akan selalu membuka pintu dan terus mendorong bagi siapa saja yang akan berencana melakukan ekspor. Perlu diketahui bahwa semua pengurusan layanan ekspor tidak dipungut biaya apapun,” ujarnya.

Pada kesempatan lain Bea Cukai Makassar bersinergi dengan Bank Mandiri untuk meninjau kesiapan rumah ekspor (export house) di Bank Mandiri. Rumah ekspor hadir untuk menawarkan fasilitas one-stop solution bagi para wirausahawan dan eksportir, termasuk calon eksportir di Sulawesi Selatan dan sekitarnya. “Rumah Ekspor Mandiri akan menjadi salah satu ruang kolaborasi untuk mendukung entrepreneur Sulawesi merambah pasar dunia,” kata Andhi disela peninjauan.

Kegiatan bersinergi mendorong ekspor juga digalakkan oleh Bea Cukai Kediri yang melakukan asistensi dan sosialiasi terkait ekspor bersama Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Kediri. Kukuh Setya Pamungkas selaku narasumber dalam acara ini menjelaskan peran Bea Cukai Kediri dalam melakukan asistensi bagi para pelaku UMKM terutama untuk merealisasikan ekspor. “Kami sendiri di Kantor Bea Cukai Kediri juga sedang membangun klinik ekspor, yang mana bagi pelaku UMKM akan sangat berguna untuk bimbingan dan asistensi menuju ekspor,” jelasnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button