Nasional

Tersangka Bupati Kuansing Tiba di Gedung Merah Putih KPK

INDOPOSCO.ID – Dua tersangka kasus suap perpanjangan izin Hak Guna Usaha (HGU) perkebunan sawit di Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Provinsi Riau yakni Bupati Andi Putra dan General Manager PT Adimulia Agrolestari, Sudarso tiba di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Rabu (20/10/2021) sekitar pukul 18.45 WIB.

“Saat ini kedua tersangka dugaan korupsi suap terkait perizinan perkebunan di Kuansing sekitar pukul18.45 Wib telah sampai di Gedung Merah Putih KPK,” ujar Pelaksana Tugas (Plt) Juru Bicara KPK, Ali Fikri, kepada Indoposco.id, Rabu (20/10/2021) malam.

Ali nengatakan, tim penyidik KPK segera melanjutkan pemeriksaan dan berikutnya kedua tersangka tersebut akan dibawa ke Rutan masing-masing.

Untuk diketahui, tersangka Andi dan Sudarso terjaring dalam operasi tangkap tangan KPK di Riau, Senin (18/10/2021) malam.

KPK secara resmi mengumumkan status tersangka terhadap kedua orang tersebut, pada Selasa (19/10/2021) malam. Pada saat penetapan tersangka, Andi dan Sudarso masih berada di Riau dan belum bisa diterbangkan ke Jakarta karena masih menjalani pemeriksaan intensif.

Wakil Ketua KPK, Lili Pintauli Siregar mengatakan, kasus ini berawal dari PT. Adimulia Agrolestari yang sedang mengajukan perpanjangan HGU yang dimulai pada tahun 2019 dan akan berakhir ditahun 2024. Di mana salah satu persyaratan untuk kembali memperpanjang HGU dimaksud adalah dengan membangun kebun kemitraan minimal 20 % dari HGU yang diajukan.

Lokasi kebun kemitraan 20 % milik PT Adimulia Agrolestari yang dipersyaratkan tersebut, terletak di Kabupaten Kampar di mana seharusnya berada di Kabupaten Kuantan Singingi.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button