Nasional

Duh! Pekerja Lulusan SMP Masih Jadi Pekerjaan Rumah

INDOPOSCO.ID – Tantangan ketenagakerjaan tak lepas dari kondisi demografi saat ini. Pernyataan tersebut diungkapkan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) Anwar Sanusi dalam keterangan, Minggu (17/10/2021).

Ia menyebut, ada sekitar 54,66 persen angkatan kerja di Indonesia masih berpendidikan SMP ke bawah. Kemudian 13,01 persen yang memiliki pendidikan Diploma dan Universitas dan 32,33 persen berpendidikan SMA atau SMK.

“Angkatan kerja berpendidikan SMP ke bawah di pedesaan persentasenya lebih besar dibandingkan dengan perkotaan,” ujarnya.

Sementara, dikatakan dia, angkatan kerja menurut tingkat pendidikan dan jenis kelamin lebih banyak perempuan dibandingkan laki-laki. Dan angkatan kerja kelompok umur nonmuda cenderung memiliki tingkat pendidikan lebih rendah dibandingkan kelompok umur muda.

“Penduduk berpendidikan rendah bekerja pada sektor informal sedangkan sektor yang berpendidikan tinggi cenderung bekerja di sektor formal,” katanya.

Lebih jauh dia mengungkapkan, pekerja berpendidikan rendah cenderung bekerja di sektor pertanian. Mereka mengisi ruang pekerjaan yang tidak terlalu membutuhkan tingkat keahlian cukup tinggi.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button