Nasional

Lindungi Masyarakat, Bea Cukai Kembali Musnahkan Jutaan Barang Ilegal Eks Kepabeanan dan Cukai

INDOPOSCO.ID – Dalam mengawasi masyarakat dari peredaran barang ilegal, Bea Cukai secara aktif melaksanakan penindakan di berbagai daerah. Bersinergi dengan instansi terkait lainnya, Bea Cukai kembali melakukan pemusnahan barang hasil penindakan eks kepabeanan dan cukai di beberapa tempat. Tubagus Firman Hermansjah, Kepala Subdirektorat Komunikasi dan Publikasi, mengungkapkan bahwa kegiatan ini dilakukan sebagai upaya untuk menghindari penyalahgunaan dan menghilangkan nilai guna dari barang hasil penindakan tersebut.

“Pada Rabu (13/10) kemarin, Kanwil Bea Cukai Riau bersama Bea Cukai Dumai laksanakan pemusnahan barang hasil penindakan berupa 2,8 juta batang rokok ilegal, 2.398 liter miras ilegal, serta lebih dari 250 karung garmen. Dengan jumlah barang sebanyak ini, Bea Cukai berhasil mengamankan sekitar Rp 2,3 miliar kerugian negara,” papar Firman.

Ia juga menambahkan bahwa Bea Cukai Tanjung Emas juga melaksanakan pemusnahan barang hasil penindakan eks kepabeanan dan cukai dari importasi melalui Pelabuhan Tanjung Emas. Antara lain berupa barang kiriman dan barang bawaan penumpang dengin nilai barang sebesar Rp 2,1 miliar. “Pemusnahan ini dilakukan dua kali, pada Jumat (8/10) di Tempat Penimbunan Pabean, serta Selasa (12/10) di Kantor Bea Cukai Tanjung Emas. Barang yang dimusnahkan sangat beragam, antara lain miras, mesin bitcoin, sepatu, makanan hewan, refrigerant R-22, ratusan unit elektronik, senjata tajam, sextoys, kosmetik, serta produk pertanian, obat dan suplemen, juga alat kesehatan,” ujar Firman.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button