Nasional

Wapres Ungkap Keberhasilan Penanganan Covid-19 Sektor Hulu Jadi Penentu di Hilir

INDOPOSCO.ID – Wakil Presiden Ma’ruf Amin menjelaskan keberhasilan penanganan pandemi di sektor hulu menjadi penentu di sektor hilir karena dapat mengurangi tekanan dalam hal kasus penularan Covid-19.

Konsep penanganan itu sudah diterapkan Pemerintah serta terbukti dapat mengendalikan kondisi pandemi Covid-19 di Indonesia, tutur Wapres dalam pidato kunci pada seminar Sekolah Staf dan Pimpinan Tinggi (Sespimti) Polri Dikreg ke-30 dan Sekolah Staf dan Pimpinan Menengah (Sespimmen) Polri Dikreg ke-61 melalui konferensi video, Rabu (6/10/2021).

“Berdasarkan pengalaman penanganan yang kita lakukan sejak awal 2020, keberhasilan di hulu akan menentukan keberhasilan di hilir,” tutur Wapres dari kediaman resmi wapres yang dilansir oleh Antara.

Berita Terkait

Sektor hulu, dalam konteks penanganan pandemi, yaitu berhubungan dengan penerapan protokol kesehatan, pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM), 3T (testing, tracing, treatment) serta vaksinasi Covid-19. Sementara sektor hilir berhubungan dengan penyediaan fasilitas kesehatan (faskes), tenaga kesehatan (nakes), alat kesehatan (alkes) serta obat-obatan.

“Artinya, jika penerapan protokol kesehatan, PPKM, 3T serta vaksinasi itu kurang baik, maka kita akan menghadapi lonjakan kasus penularan. Dan apabila itu terjadi, maka faskes, nakes serta penyediaan alkes dan obat-obatan harus betul-betul disiapkan,” jelasnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button