Nasional

Kemenkes Lakukan Evaluasi dan Uji Klinis Obat-Obat Covid-19

INDOPOSCO.ID – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) akan melakukan evaluasi dan uji klinis terhadap obat-obat Covid-19 yang saat ini beredar di Indonesia.

“Kementerian Kesehatan terus bekerja sama dengan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan rumah sakit-rumah sakit vertikal untuk melakukan review dan uji klinis dari semua obat-obatan baru,” ujar Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam konferensi pers yang diikuti secara daring di Jakarta, seperti dikutip Antara, Senin (4/10/2021).

Ia mengemukakan, review dan uji klinis terhadap obat-obatan Covid-19, baik sifatnya manoklonal antibodi hingga obat- obatan antivirus baru, seperti Molnupiravir dari Merck & Co. “Jadi obat-obatan tersebut sudah kami approach (pendekatan) pabrikannya, dan kami sudah juga merencanakan untuk beberapa sudah mulai uji klinis,” katanya.

Ia mengharapkan pada akhir tahun ini sudah diketahui obat-obat Covid-19 yang cocok untuk masyarakat Indonesia. Sebelumnya, Merck & Co mengklaim pil antivirus yang dikembangkan mampu mengurangi separuh risiko kematian atau rawat inap akibat Covid-19.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button