Nasional

Keluarga Harus Selektif Bepergian di Tengah Pandemi

INDOPOSCO.ID – Juru Bicara Pemerintah untuk Covid-19 dan Duta Adaptasi Kebiasaan Baru dr. Reisa Broto Asmoro mengatakan keluarga harus selektif bepergian di tengah mobilitas masyarakat yang semakin tinggi saat pandemi Covid-19.

“Dengan mobilitas masyarakat yang semakin tinggi belakangan ini, keluarga wajib selektif dalam melakukan bepergian. Pastikan tidak ada alternatif lain apabila harus terpaksa keluar rumah,” ujar Reisa seperti dikutip Antara, Rabu (29/9/2021).

Ia mengatakan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak telah meluncurkan dan memperkenalkan protokol kesehatan keluarga pada pandemi Covid-19, yang bisa digunakan sebagai panduan bagi keluarga.

Dari panduan itu, ia mengatakan ada 3 hal penting yang harus diingat saat beraktivitas di luar rumah, yakni pertama adalah keluarga tetap menerapkan protokol kesehatan sesuai standar yang berlaku.

“Pakai masker dengan baik dan benar, sering-seringlah mencuci tangan terutama dengan sabun dan air mengalir atau dengan hand sanitizer (penyanitasi tangan), menjaga jarak aman dengan orang lain, menjauhi kerumunan dan tentunya membatasi mobilitas,” ujar dia.

Kedua adalah memastikan kondisi tubuh sehat. Periksa suhu tubuh sebelum keluar rumah dan bawa semua perlengkapan protokol kesehatan yang diperlukan, termasuk masker cadangan, penyanitasi tangan, dan tempat atau wadah untuk menaruh masker limbah.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button