Nasional

Kemnaker Duga Ada Indikasi TPPO pada PMI Bermasalah asal Indramayu

INDOPOSCO.ID – Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) telah berkoordinasi dengan Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Indramayu terkait informasi Pekerja Migran Indonesia (PMI) bermasalah asal Indramayu. Diketahui, Rokayah (40) ingin pulang ke kampung halamannya lantaran sakit.

“Kami sudah melakukan koordinasi awal. Ini juga sesuai dengan instruksi Bu Menteri Ida Fauziyah yang meminta agar kasus PMI asal Indramayu ini cepat direspons,” ujar Direktur Jenderal Pembinaan dan Penempatan Tenaga Kerja (Binapenta) Kemnaker Suhartono di Jakarta, Selasa (28/9/2021).

Berdasarkan informasi yang diperoleh, menurut dia, Rokayah diberangkatkan oleh perseorangan dalam keadaan sakit. Sebelum berangkat, Rokayah menerima uang fee dari sponsor sebesar Rp8 juta. Dengan fee tersebut, Rokayah akhirnya mau diberangkatkan ke Irak.

“Kami tak pernah bosan mengimbau kepada semua masyarakat untuk berhati-hati dan waspada bujuk rayu dari sponsor/calo untuk bekerja ke luar negeri,” ucapnya.

Ia menambahkan, pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) terkait permasalahan Rokayah tersebut.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button