Nasional

Pemerintah Akui Tak Mudah Kembangkan Mobil Listrik

INDOPOSCO.ID – Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko menjelaskan pemerintah tetap berkomitmen untuk mengembangkan industri mobil listrik termasuk berbagai infrastrukturnya, walaupun tantangan yang dihadapi tidak akan mudah.

“Perubahan yang cukup radikal ini memang tidak mudah. Tetapi yang paling penting, kita melihat sudah ada komitmen dari pemerintah terhadap mobil listrik,” tutur Moeldoko dalam keterangan tertulis KSP diterima Antara di Jakarta, Rabu (25/8).

Moeldoko menyatakan hal itu disaat mengunjungi Pabrik Wuling Motors di Kawasan Greenland International Industrial Center (GIIC) di Cikarang, Jawa Barat, pada Selasa (24/8).

​​​​​​Menurutnya, Indonesia semakin dekat dengan pengembangan industri mobil listrik. Saat ini infrastruktur untuk kegiatan produksi mobil listrik dalam negeri terus dikembangkan. Tidak hanya itu, beberapa pabrik otomotif dunia dari Jepang serta China juga sudah menunjukkan keseriusan untuk berinvestasi industri mobil listrik di Indonesia.

Akan tetapi, tutur mantan Panglima TNI ini, tantangan yang dihadapi industri mobil listrik di Indonesia tidak akan mudah. Menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), realisasi total penjualan mobil listrik di Indonesia sepanjang semester pertama 2021 mencapai 1.900 unit. Angka itu tidak berbeda jauh dibandingkan penjualan pada periode yang sama di 2020 yang sebesar 1.234 unit. Sementara itu pasar Indonesia cukup besar, apabila diamati dari penjualan mobil konvensional.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button