Nasional

KKP Dukung Pengembangan Wisata Harta Karun Bawah Laut di Selayar

INDOPOSCO.ID – Kementerian Kelautan dan Perikanan mendukung pengembangan wisata berbasis harta karun bawah laut atau Benda Berharga Asal Muatan Kapal yang Tenggelam (BMKT) di daerah perairan Kepulauan Kabupaten Selayar, Sulawesi Selatan.

Plt. Direktur Jenderal Pengelolaan Ruang Laut KKP Pamuji Lestari dalam siaran pers di Jakarta, Selasa (24/8), menyampaikan Selayar mempunyai titik-titik wisata BMKT sehingga masyarakat setempat perlu mendapat dukungan dalam pengembangan wisata bahari berbasis BMKT.

Hal itu, sejalan dengan kebijakan Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono untuk melibatkan warga sebagai garda terdepan menjaga kelestarian lingkungan serta pengelolaan kawasan.

“Bantuan sarana pemanfaatan BMKT merupakan salah satu program KKP dalam mengelola BMKT yang melibatkan kelompok masyarakat di sekitar lokasi temuan. Masyarakat akan ikut serta dalam menjaga serta memanfaatkannya sebagai lokasi wisata bahari seperti menyelam dan snorkeling,” tutur Tari seperti dikutip Antara, Selasa (24/8).

Dia mengemukakan, masyarakat Kabupaten Kepulauan Selayar yang diwakili oleh Kelompok Tanadoang Marine antusias memanfaatkan bantuan dari KKP berupa satu unit kompresor. Bantuan kompresor senilai Rp96,19 juta tersebut dimanfaatkan masyarakat untuk mengisi tabung-tabung selam guna mendukung aktivitas masyarakat dalam mengembangkan wisata bahari BMKT di wilayah perairan Kepulauan Kabupaten Selayar.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button