Nasional

Menko Polhukam: Dakwah yang Baik Perjuangkan Substansi Ajaran Islam

INDOPOSCO.ID – Dakwah yang baik dilakukan dengan memperjuangkan ajaran inti atau substansi Islam bukan sekadar simbolnya, tutur Menteri Koordinator (Menko) Politik Hukum dan Keamanan (Polhukam) Mahfud MD saat berdialog dengan tokoh lintas agama di Sulawesi Selatan.

Mahfud, sebagaimana dikutip dari penjelasan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Sabtu (21/8), menjelaskan inti ajaran Islam di antaranya merupakan perdamaian, kesantunan, kejujuran, serta kemanusiaan yang kesemuanya turut membentuk dasar-dasar pendirian negara.

“Persaudaraannya yang diperjuangkan, kedamaian, kesantunan, serta kejujurannya. Itu merupakan satu cara dakwah yang baik,” tutur Mahfud saat menanggapi keinginan pelaku teror mendirikan negara Islam di Indonesia.

Beliau juga menegaskan substansi ajaran Islam sudah jadi bagian yang tidak terpisahkan dari pendirian bangsa serta negara Indonesia.

“Walaupun tidak pakai nama negara Islam, kita perjuangkan substansinya memakai substansi ajaran Islam, yakni persaudaraan antarsesama manusia. Islam itu agama kemanusiaan, tidak memandang agama apapun. Semua merupakan saudara sesama manusia,” tutur Mahfud saat berdialog dengan para tokoh lintas agama di Sulawesi Selatan secara virtual dari Jakarta, Jumat (20/8).

Dalam pertemuan itu, Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas turut mengingatkan para tokoh agama agar mewaspadai upaya sekelompok orang yang ingin membeda-bedakan masyarakat ke dalam faksi-faksi tertentu.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button