Nasional

Manfaatkan Daring, Kementan Gulirkan Penguatan Pelatihan Pertanian

INDOPOSCO.ID – Pandemi Covid-19 bukan halangan bagi Kementerian Pertanian (Kementan) RI untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensi sumberdaya manusia (SDM) pertanian, khususnya Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) dengan ‘Penguatan Kegiatan Pusat Pelatihan Pertanian’ via daring (online) selama tiga hari, Rabu (30/6/2021) hingga Jumat (2/7/2021).

Menteri Pertanian (Mentan) RI Syahrul Yasin Limpo kerapkali mengingatkan bahwa di tengah Pandemi Covid-19 saat ini, kegiatan sektor pertanian harus mampu akselerasi agar produktivitas tetap meningkat bagi kepentingan ketahanan pangan nasional dan kesejahteraan para petani.

“Untuk itu, penyesuaian harus dilakukan oleh Kementan untuk mencapai perbaikan kualitas dan kuantitas produksi pertanian,” kata Mentan.

Kepala BPPSDMP Kementan Dedi Nursyamsi menambahkan bahwa sektor pertanian tetap kompetitif dan bertahan di masa Pandemi Covid-19. Dalam kondisi yang serba melambat karena pandemi, sektor pertanian mampu mendukung pertumbuhan ekonomi nasional. Kontribusinya juga sangat besar.

“Pertanian Indonesia memiliki potensi sangat besar untuk maju. Dukungan SDM-nya bagus untuk mencapai target produktivitas, karena ada Tiga Pilar yang mendukung BPPSDMP Kementan yakni penyuluhan, pendidikan, dan pelatihan,” ujar Dedi.

Agenda pokok kegiatan meliputi Penyusunan Rancangan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) Bidang Penyuluhan; Persiapan Sertifikasi bagi tenaga honor penyuluhan (THL TBPP) yang belum lulus uji Aparatur Sipil Negara – Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (ASN-P3K); Sosialisasi Peningkatan Inovasi dan Layanan Pelatihan Pertanian; hingga Koordinasi Internal Program Rural Empowerment and Agricultural Development Scaling-up Initiative (READSI).

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button