Nasional

Gali Potensi Ekspor Daerah, Bea Cukai Edukasi Pelaku Usaha

INDOPOSCO.ID – Dalam rangka mendukung peningkatan ekspor produk unggulan daerah, Bea Cukai secara aktif menggandeng pelaku usaha untuk mengetahui fasilitas dan prosedur ekspor. Kali ini Bea Cukai melakukan edukasi berupa kelas ekspor, sharing session, customs visit customer, serta klinik ekspor bagi pelaku usaha di berbagai daerah.

Kanwil Bea Cukai Sumatera Utara (Sumut) berkolaborasi dengan beberapa instansi terkait yang menangani ekspor mengadakan kelas ekspor untuk pelaku UMKM yang selama 3 hari, dimulai pada Selasa (22/6). Kelas ekspor ini bertujuan untuk memberikan pembekalan teknis di bidang ekspor serta mendorong perluasan akses pasar global bagi pengusaha.

“Kelas ekspor yang dilaksanakan secara daring ini diikuti oleh pelaku UMKM binaan Bank Indonesia, serta asosiasi UMKM Sumut. Dan kami berharap, kegiatan ini dapat menjadi trigger untuk lahirnya eksportir baru dari Sumut,” ungkap Ambang Priyonggo, Plt. Kakanwil Bea Cukai Sumut.

Sementara KPU Bea Cukai Soekarno Hatta turut meningkatkan potensi penerimaan negara di masa pandemi, melalui rangkaian program ekspor produk UMKM. Mengundang pihak ground handling di wilayah Bandara Soekarno-Hatta, Bea Cukai adakan sharing session terkait alur prosedur pelaksanaan ekspor dan manajemen logistik.

Kepala Bidang Pelayanan Fasilitas Pabean dan Cukai (PFPC) II, Purnomo, menjadi narasumber pada kegiatan ini. Purnomo mengatakan bahwa KPU Bea Cukai Soekarno Hatta memiliki program untuk meningkatkan kontribusi ekspor, dengan melibatkan pelaku UKM dan UMKM di Provinsi Banten.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button