Nasional

10 Juta Dosis Vaksin Covid-19 Tiba Lagi, Bea Cukai Fasilitasi Percepatannya

INDOPOSCO.ID – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melalui PT Bio Farma sebagai importir yang ditunjuk, kembali mendatangkan vaksin Sinovac pada Minggu (20/6/2021). Atas importasi 10 juta dosis vaksin tersebut, Bea Cukai Soekarno Hatta kembali memberikan pelayanan prima dan percepatan pengeluaran barang serta fasilitas fiskal atas importasi vaksin kali ini.

Kepala Kantor Bea Cukai Soekarno-Hatta Finari Manan menjelaskan, impor vaksin tahap ketujuh belas ini diangkut menggunakan maskapai penerbangan Garuda Indonesia GA-891, dan tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada pukul 12.40 WIB. Vaksin selanjutnya dipindahkan ke dalam Gudang Garuda Indonesia Cargo untuk penelitian dokumen, serta pemeriksaan fisik terhadap kemasannya.

Finari menambahkan, rincian impor vaksin Sinovac kali ini, yaitu terdiri dari 10.000.000 dosis dalam keadaan curah (bulk) overfill 10%, dan 280 dosis untuk sampel penelitian yang dikemas ke dalam lima RAP Envirotainer.

“Bea Cukai Soekarno-Hatta senantiasa mendukung program percepatan vaksinasi masyarakat, maka dari itu kamipun berikan percepatan layanan yang disebut Rush Handling. Karena vaksin termasuk termasuk barang impor tertentu yang karena karakteristiknya memerlukan pelayanan segera untuk dikeluarkan dari kawasan pabean atau bandara, sesuai yang tertera pada Peraturan Menteri Keuangan No 148/PMK.04/2007,” jelas Finari.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button