Nasional

Menteri Trenggono: Pemanfaatan Teluk Tomini Harus Berkelanjutan

INDOPOSCO.ID – Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono mengingatkan bahwa pemanfaatan Teluk Tomini yang merupakan teluk terbesar di Indonesia dan berbatasan dengan empat provinsi, harus dipastikan selaras dengan prinsip-prinsip berkelanjutan.

“Memegang teguh prinsip keberlanjutan perlu agar kegiatan ekonomi di dalamnya bertahan dalam kurun waktu panjang,” kata Menteri Trenggono dilansir dari Antara dalam Regional Meeting Teluk Tomoni yang digelar secara daring, Sabtu (12/6/2021)

Dengan demikian, ujar dia, maka pemanfaatan sumber daya alam Teluk Tomini untuk peningkatan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat harus tetap memerhatikan kelestarian ekosistem.

“Kita harus memastikan bahwa ekosistem laut dan pesisir di Teluk Tomini ini sehat, produktif, dan dapat memberikan nilai ekonomi untuk kesejahteraan masyarakat,” ujar Menteri Trenggono.

Teluk Tomini merupakan teluk terbesar di Indonesia, dengan luas lebih dari 6 juta hektare yang melingkupi 4 provinsi, yakni Provinsi Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Gorontalo dan Maluku Utara.

Berdasarkan data KKP, dalam kawasan tersebut terdapat area terumbu karang seluas 1.031 hektare yang termasuk di dalam kawasan Coral Triangle Initiative atau Segitiga Karang Dunia serta memiliki kawasan hutan mangrove seluas 785,10 hektare dengan keanekaragaman hayati biota laut dan darat.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button