Nasional

Wakaf Sekarang untuk Masa Depan

INDOPOSCO.ID – Ketua Yayasan Dompet Dhuafa Republika, Nasyith Majidi mengatakan, seminar CWLS ini menjadi bagian advance wakaf di dunia fiqh wakaf. Literasi wakaf masih sangat diperlukan, pemahaman tentang wakaf masih setengah-setengah. Dengan berwakaf kita akan memperoleh return, hingga setelah kita meninggal dunia kelak.

“Ini juga merupakan bentuk nasionalisme kita, dengan berwakaf kita sudah melakukan sesuatu untuk bangsa ini,” ujar dia, saat membuka diskusi melalui daring pada Senin (10/5).

Webinar wakaf yang diselenggarakan oleh Dompet Dhuafa bekerjasama dengan CIMB Niaga Syariah, Kementerian Keuangan dan IMZ ini diikuti oleh berbagai kalangan guna meningkatkan literasi wakaf lebih luas dan menjaring wakif-wakif retail yang baru.

“Kami sudah memiliki investor hampir 500 ribu yang kita coba kenalkan tentang sukuk sejak 2009 hingga 2021 saat ini. Secara tidak langsung, SWR ini membantu meningkatkan literasi, kita bisa mengajak 1.041 wakif, yang terdiri dari 1.037 individu dan empat insitusi. Tahun ini kita sudah mendapatkan izin dari Kemenkeu, kita menawarkan kembali CWLS SWR002 dengan tambahan mitra distribusi dan agen penjual serta platform online dan offline,” jelas Direktur Pembiayaan Syariah Ditjen Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan, Dwi Irianti Hadiningdyah dalam sesi terkait Cash Waqf Linked Sukuk SWR002.

Pada 2021 Q1, Indonesia telah mencatat pencapaian sukuk sebesar Rp1.700 triliun selama 13 tahun, outstanding yang belum jatuh tempo lebih dari Rp1.000 tiliun. Kuncinya pada invoasi dan selalu hadir menyampaikan untuk mensosialisasikan sukuk di dunia.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button