Nasional

4.833 Aduan Konsumen Diterima BPKN, Terbanyak Perumahan dan Jasa Keuangan

INDOPOSCO.ID – Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) menerika aduan masyarakat selaku konsumen paling banyak berasal dari sektor perumahan dan jasa keuangan yang jumlahnya bisa mencapai 4.833 aduan.

“Data dari aduan di sektor jasa keuangan ini sekitar 70 persen merupakan pengaduan terkait asuransi. Sisanya bervariasi antara investasi bodong, pinjaman online fintech, pembiayaan kendaraan, dan lain-lain,” kata Anggota BPKN Johan Efendi dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat (7/5/2021).

Berdasarkan data BPKN, jumlah aduan konsumen paling banyak di sektor perumahan yaitu sebanyak 2.663 aduan, sementara jasa keuangan 2.170 aduan. Jumlah aduan tersebut merupakan yang dilaporkan masyarakat sejak tahun 2017 hingga 29 April 2021.

Sedangkan jumlah aduan konsumen ke BPKN secara keseluruhan sejak 2017 berjumlah 6.045 aduan. Selain aduan konsumen untuk dua sektor yang disebutkan tersebut, ada pula aduan lain seperti e-commerce, jasa telekomunikasi, jasa transportasi, listrik dan gas rumah tangga, obat dan makanan, dan lain-lain.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button