Nasional

Tingkatkan Pengetahuan dan Kewaspadaan Masyarakat, Bea Cukai Aktif Sosialisasi

INDOPOSCO.ID – Melalui sosialisasi, Bea Cukai terus berupaya maksimal dalam memberikan informasi kepada masyarakat terkait bidang kepabeanan. Hal ini dimaksudkan untuk menambah pengetahuan dan kewaspadaan masyarakat terkait hal-hal yang berhubungan dengan Bea Cukai.

Di Kediri, bekerjasama dengan radio setempat, Bea Cukai Kediri melakukan kegiatan sosialisasi kepada masyarakat terkait pembelian barang dari situs e-commerce internasional. Banyaknya promo yang diberikan, membuat masyarakat tergiur untuk membeli barang dari luar negeri. “Diskon merupakan komponen yang dapat mengurangi harga barang impor sepanjang diskon tersebut berlaku umum dan dapat dibuktikan oleh penerima barang, tapi tidak semua promo e-commerce diakui sebagai komponen pengurang harga barang. Promosi yang diakui sebagai komponen pengurang harga adalah seperti flash sale dan share buy, sedangkan promo berupa voucher, kupon, cashback, dan hadiah tidak diakui sebagai komponen pengurang harga barang impor,” ungkap Kepala Kantor Bea Cukai Kediri, Suryana.

Di wilayah Sulawesi Utara, Bea Cukai Bitung beserta eksportir dan pengusaha pengurusan jasa kepabeanan (PPJK) di lingkungannya, ikuti giat sosialisasi yang diselenggarakan oleh Direktorat Informasi Kepabeanan dan Cukai (IKC). Kegiatan ini berfokus pada sosialisasi aplikasi CEISA 4.0 Ekspor dan asistensi portal pengguna jasa. Ini bertujuan untuk lebih memberikan pemahaman, baik kepada pegawai Bea Cukai ataupun pengguna jasa. Terpilihnya Bea Cukai Bitung sebagai kantor piloting tahap I aplikasi CEISA 4.0 Ekspor, merupakan suatu tantangan dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada pengguna jasa kedepannya.

Selain itu, Bea Cukai Bandung secara rutin melaui zoom meeting adakan diskusi bersama pengusaha tempat penimbunan berikat (TPB) di wilayahnya. Dalam diskusi ini Bea Cukai Bandung membahas peraturan-peraturan dan inventaris permasalahan pada TPB. Dengan adanya forum ini, diharapkan adanya peningkatan kepatuhan pengguna jasa, efektivitas pelayanan dan pengawasan, perbaikan sistem informasi dan prosedur, serta diseminasi ketentuan baru. Pada akhirnya akan memberikan kepastian bisnis bagi para pengguna fasilitas, dan berkontribusi bagi pemulihan ekonomi nasional.

Sementara itu di Jawa Timur, dalam rangka persiapan tugas operasi pengamanan perbatasan darat RI-Malaysia di Kalimantan Timur, Bea Cukai Blitar berkesempatan memberikan sosialisasi terkait kebijakan kepabeanan lintas batas di Batalyon Infanteri 511/Dibyatara Yodha (Yonif 511), pada Rabu (21/04).

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button