Nasional

Pasca Bencana NTT, Perkuat dan Percepat Infrastruktur Digital

INDOPOSCO.ID – Pasca bencana alam dan tanah longsor, Pemerintah Pusat melalui Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate memantau jaringan dan layanan jaringan telekomunikasi plus internet di Kabupaten Flores Timur (Flotim) dan Lembata, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Dalam kondisi luar biasa seperti bencana alam, dibutuhkan komunikasi yang optimal antara seluruh pemangku kepentingan dalam upaya pemulihan dan pembangunan kembali lokasi yang terdampak bencana. Kecepatan proses pendataan, pengalokasian dan pendistribusian bantuan, tidak terlepas dari peran strategis insfrastruktur teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

“Dalam situasi seperti ini, Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Kominfo telah merelokasi beberapa akses internet ke daerah-daerah terdampak untuk memprioritaskan koordinasi tanggap bencana. BAKTI telah mengirimkan tim untuk merelokasi akses internet melalui perangkat satelit (VSAT) di lokasi pengungsian di Lembata dan Flotim. VSAT akan menyediakan akses internet untuk memudahkan koordinasi dan komunikasi masyarakat serta para relawan, aparat, dan pemerintah daerah ” kata Menkominfo.

Selain ingin menyampaikan bela sungkawa, Johnny juga ingin memastikan bahwa infrastruktur telekomunikasi di NTT dapat pulih dan berfungsi kembali. Dari sisi infrastruktur telekomunikasi, di NTT terdapat 2794 BTS aktif. Dari jumlah tersebut, 450 BTS terdampak dan belum berfungsi dengan baik. Sejumlah 444 di antaranya milik operator seluler.

”Selain infrastruktur tersebut, BAKTI Kominfo menyediakan juga 10 unit ponsel satelit atau satphone. Berdasarkan pengalaman mitigasi kebencanaan sebelumnya, BAKTI Kominfo telah mengantisipasi sulitnya akses telekomunikasi dengan memanfaatkan teknologi satphone tersebut,” ujarnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button