Nasional

Menteri Kelautan Minta Pelaku Usaha Perikanan Dukung Program Sertifikat MSC

INDOPOSCO.ID – Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono meminta nelayan dan pelaku usaha perikanan di Indonesia mendukung penuh program pengelolaan perikanan berkelanjutan, khususnya untuk komoditas tuna dan cakalang. Karena itu dia meminta sertifikat Marine Stewardship Council (MSC) untuk komoditas tuna yang menjadi standar global guna memastikan kualitas dan ketertelusuran produk perikanan terus dipertahankan.

“Sertifikat MSC ini harus dipertahankan,” kata Trenggono seperti dikutip Antara, Jumat (26/2/2021).

Sertifikat MSC dikeluarkan oleh lembaga swadaya yang berbasis di Inggris dengan masa berlaku lima tahun. Namun, setiap tahun penyelenggara melakukan audit untuk memastikan pengelolaan perikanan masih memenuhi standar global dan berkelanjutan.

Menteri Trenggono mengapresiasi langkah dan proses panjang yang dilalui Asosiasi Perikanan Pole & Line dan Handline Indonesia (AP2HI) karena berhasil memperoleh sertifikat MSC. Perolehan sertifikat MSC ini, kata Trenggono, juga menjadi penanda bahwa Indonesia mendukung penuh pengelolaan perikanan berkelanjutan, sehingga populasi tuna dan cakalang bisa terjaga.

Sementara itu, Ketua AP2HI Janti Djuari menjelaskan harga tuna dan cakalang dengan sertifikat MSC diharapkan bisa meningkat hingga 20 persen. Peningkatan harga ini tentunya akan berbanding lurus dengan kesejahteraan nelayan.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button