Nasional

Bea Cukai Lepas Ekspor Perdana Plywood ke Eropa lewat Pelabuhan Sibolga

INDOPOSCO.ID – Bea Cukai Sibolga bersama komunitas pelabuhan menyukseskan pelaksanaan ekspor perdana komoditas lokal wilayah Sibolga-Tapanuli Tengah ke Eropa dari Pelabuhan Sibolga, Sumatera Utara, Sabtu (13/2/2021).

Pelepasan ekspor perdana lewat Pelabuhan Sibolga tersebut sebagai upaya Bea Cukai dalam mendukung program pemulihan ekonomi nasional (PEN) dan menjalankan fungsinya sebagai industrial assistance dan trade facilitator.

Kepala Kantor Bea Cukai Sibolga, Ahmad Luthfi mengatakan, pelepasan ekspor perdana dari Pelabuhan Sibolga ini tidak terlepas dari peran aktif Bea Cukai Sibolga dalam memberikan asistensi dan motivasi kepada perusahaan/pelaku usaha di wilayah pengawasan Bea Cukai Sibolga.

Salah satu upaya yang telah dilakukan adalah dengan melaksanakan Forum Group Disscusion (FGD) bertemakan ‘Menggali Potensi Perekonomian Daerah Dengan Menggalakkan Ekspor Melalui Pelabuhan Sibolga’ pada Juli 2019 silam.

“Tindak lanjut dan keberhasilan FGD itu dibuktikan dengan ekspor yang dilakukan dari Pelabuhan Sibolga untuk pertama kalinya pada hari ini,” kata Luthfi.

Luthfi mengungkapkan, komoditi yang diekspor tersebut merupakan produk yang dihasilkan oleh PT Mujur Timber, sebagai perusahaan penerima Fasilitas Kawasan Berikat sesuai dengan Surat Keputusan (SK) Menteri Keuangan (Menkeu) Nomor KM-97/WBC.02/2019 tentang Penetapan Tempat Sebagai Kawasan Berikat dan Pemberian Izin Pengusaha Kawasan Berikat kepada PT Mujur Timber.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button