Nasional

Kalimantan Barat dan Riau Layak Jadi Acuan Penanganan Covid-19

INDOPOSCO.ID – Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengajak pemerintah daerah untuk belajar dari kabupaten/kota pada 2 provinsi yaitu Kalimantan Barat dan Riau. Karena memiliki zona kuning atau risiko rendah yang mendominasi.

“Kami telah mengidentifikasi dengan pemerintah setempat untuk dapat mengidentifikasi upaya penanganan apa yang dilakukan di provinsi tersebut sehingga penularan dapat ditekan dengan baik,” ungkapnya Wiku Adisasmito dalam keterangannya, Jumat (5/2/2021).

Melihat rincian per kabupaten/kota, sambung dia, di Kalimantan Barat memiliki total 10 kabupaten/kota zona kuning atau 71 persen dari total kabupaten/kotanya. Zona oranye sebanyak 4 kabupaten/kota. “Upaya khusus yang dilakukan dengan cara menjaga semua titik masuk ibu kota Pontianak, dengan koordinasi yang intensif antara Satgas dan Dinkes Kesehatan Kalimantan Barat, baik di titik bandara dan pelabuhan laut,” ucapnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan, oemerintah setempat juga menyiapkan swab PCR dan fasilitas karantina mandiri melalui unit pelatihan kesehatan yang fokus pada penjagaan kesehatan dan asupan gizi yang baik agar imunitas warga meningkat. Selain itu penegakan kedisiplinan protokol kesehatan dilakukan secara masif.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button