Nasional

Peta Jalan Pendidikan Harus Dukung Pembangunan Jangka Panjang

INDOPOSCO.ID – Peta Jalan Pendidikan (PJP) harus mendukung konsep pembangunan jangka panjang Indonesia emas tahun 2045. Oleh karenanya konsep tersebut telah harus serius dipersiapkan pemerintah saat ini.

“Peta jalan pendidikan untuk peningkatan mutu pendidikan nasional. Salah satunya transformasi pendidikan guna meningkatkan kualitas guru. Kualitas guru tidak datang sendiri. Jadi peningkatan itu penting, karena mereka mengelola sistem pembelajaran,” kata Anggota Komisi X DPR RI Fraksi Demokrat Debby Kurniawan kepada INDOPOSCO.ID, Sabtu (23/1/2021).

Kualitas guru, ujar Debby, sangat berkaitan erat pada perubahan standar pendidikan dan kurikulum. Apalagi, saat ini dua komponen pendidikan tersebut perubahannya sangat cepat dan dinamis.

“Kita juga harus melakukan pembenahan pada lembaga pendidik tenaga kependidikan (LPTK). Karena, mutu dan kualitas guru ditentukan salah satunya oleh kualitas LPTK,” terangnya.

Ia juga berharap, pemerintah serius pada program pembinaan guru secara berkelanjutan. Pasalnya, program sebelumnya tidak menyasar seluruh guru dan tenaga kependidikan.

“Jadi Peta Jalan Pendidikan ini saya rasa penting. Agar salah satunya asesmen sistem pendidikan kita bisa jelas dan terukur,” ujarnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button