Nasional

Menkop UKM dan Menparekraf Sinergi di Lima Destinasi Super Prioritas

indoposco.id – Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) sepakat untuk mengembangkan potensi di lima Destinasi Super Prioritas. Yaitu, Labuan Bajo (Nusa Tenggara Timur), Mandalika (Nusa Tenggara Barat), Danau Toba (Sumatera Utara), Likupang (Sulawesi Utara) dan Borobudur (Jawa Tengah).

“Sesuai arahan Presiden agar tidak ada lagi ego sektoral antar kementerian. Kita harus sinergi dan kolaborasi,” ujar Menkop UKM Teten Masduki, usai audiensi dengan Menparekraf Sandiaga Uno, di kantor Kemenkop UKM, Selasa (19/1/2021).

Menurutnya, kerja sama ini akan maksimal jika Kemenparekraf telah menentukan faktor unggulan sampai dengan value creation sebuah destinasi, contoh seperti wahana, event, promosi, infrastruktur, hingga hospitality, yang kemudian akan dibantu dengan keberadaan dan pengembangan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) sebagai pelaksana usaha serta menciptakan added value turunannya.

“Artinya UMKM ini merupakan support system yang bisa hadir melalui ketersediaan pelaku usaha kuliner, souvernir dan ekonomi kreatif yang di dalamnya mencakup fesyen, kuliner dan kriya,” jelas Menkop UKM.

Teten optimistis, semua ini bisa berjalan dengan baik jika ada kerjasama yang solid antar Kemenkop UKM dan Kemenparekraf . “Kita akan exercises langsung di lapangan, khususnya di lima destinasi super prioritas untuk hand in hand dan kolaborasi,” imbuhnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button