Nasional

Jalin Koordinasi Antarinstansi, Bea Cukai Gali Peluang Ekspor Daerah

indoposco.id – Bea Cukai terus berusaha menggali peluang ekspor industri kecil dan menengah (IKM). Salah satu caranya ialah dengan menjalin koordinasi antarinstansi, seperti yang dilakukan Bea Cukai Kediri dan Bea Cukai Ketapang di wilayah pelayanannya masing-masing.

Hal ini untuk mendorong kinerja ekspor nasional sebagai cara Bea Cukai dalam melakukan pemulihan ekonomi nasional dan mendukung pertumbuhan ekonomi.

Bea Cukai Kediri menjalin kolaborasi dengan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) wilayah Kabupaten Jombang. Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi Bea Cukai Kediri, Syaiful Arifin bertemu dengan Ketua Kadin Jombang, Joko Purwanto di kantor Kadin Jombang, Jumat (8/1/2021).

Hadir pula dalam pertemuan tersebut beberapa ketua asosiasi IKM batik dan manik-manik serta para penggiat pasar dari produk IKM di wilayah Jombang.

Syaiful Arifin menyampaikan, Bea Cukai Kediri bisa memberikan wadah untuk pelaksanaan kegiatan asistensi yang berkenaan ekspor. “Salah satu langkahnya yaitu menemukan asosiasi atau konsorsium yang bisa menaungi para pelaku IKM. Dengan begitu para IKM fokus dengan produknya saja, untuk kegiatan tata laksana ekspor dan logistik bisa diurus oleh pihak asosisiasi dan konsorsium,” terangnya.

Tak hanya menggelar diskusi, kedua pihak juga berkesempatan mengunjungi para pengrajin manik-manik dan batik di wilayah Kecamatan Jatipelem dan Gudo.

“Produk batik Jombang coraknya diselaraskan dengan khas Jombang, pada aspek pemasaran sementara masih berkutat di sekitar Jawa Timur saja, tetapi para pelaku usaha berharap bisa mampu menembus pasar luar negeri. Sedangkan produksi manik-manik ada proses daur ulang bahan baku berupa sampah pecahan kaca yang sudah tidak digunakan lagi, diolah sedemikian ruppa hingga menghasilkan produk yang bernilai ekonomis tinggi,” papar Syaiful.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button