Megapolitan

Transjakarta Hadirkan Warna Eksterior Baru pada 7 Armada

INDOPOSCO.ID-PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) menghadirkan warna eksterior baru pada tujuh armada bus dalam rangka memeriahkan HUT ke-80 Kemerdekaan RI.

Warna eksterior baru itu dihadirkan dalam kerangka program bertajuk “Maju dari Aku” yang merupakan kolaborasi Transjakarta dengan Kementerian Ekonomi Kreatif, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) DKI Jakarta dan Tale X.

“Ekonomi kreatif adalah ‘the new engine of growth’,” kata Wakil Menteri Ekonomi Kreatif, Irene Umar di Jakarta, seperti dilansir ANTARA, Sabtu (16/8/2025).

Kolaborasi ini menghadirkan “7 Intellectual Property” (IP) lokal Indonesia yang telah dikurasi oleh Kementerian Ekonomi Kreatif, ditampilkan melalui visual “branding” penuh warna pada eksterior 7 armada bus Transjakarta.

“Melalui kampanye ‘Maju Dari Aku’ di perayaan kemerdekaan ke-80 ini, kami ingin mengajak masyarakat untuk mengenal, mencintai dan bangga sebagai anak bangsa,” katanya.

Langkah ini, kata dia, menjadi simbol komitmen untuk membawa karya kreator lokal tidak hanya dikenal di dalam negeri, tetapi juga diperkenalkan ke panggung global.

“Semangat ‘Maju Dari Aku’ berarti perubahan besar berawal dari langkah kecil setiap individu, dari cerita sehari-hari yang dapat dituangkan melalui IP lokal,” katanya.

Ketujuh IP yang diperkenalkan dalam kampanye ini adalah Tenka Street, Beemala, Agus, Starla x Zivana, Miyu, Kembu Club dan IP Jakarta JeKaTe, yang masing-masing merepresentasikan keragaman ide, budaya dan karakter khas Indonesia.

Direktur Utama Transjakarta, Welfizon Yuza menegaskan bahwa transportasi publik memiliki potensi besar sebagai media promosi kreatif yang inklusif.

“Bus Transjakarta bukan hanya sarana mobilitas, tetapi juga platform yang bisa menginspirasi,” katanya.

Melalui kolaborasi ini, karya kreator lokal akan melintasi jalan-jalan utama Jakarta dan menjadi sorotan, tidak hanya bagi warga kota Jakarta, tetapi juga bagi dunia.

“Jakarta sebagai kota global menjadi etalase yang mempertemukan budaya lokal dengan audiens internasional, dan Transjakarta siap menjadi penghubungnya,” ujarnya.

Co Founder Tale X, Deasy Sutanto menyampaikan bahwa inisiatif ini menjadi contoh nyata bagaimana sinergi lintas sektor dapat menghidupkan ekosistem kreatif.

“Karya kreator lokal layak untuk hadir di ruang publik. Parade 7 bus ini adalah panggung bergerak yang mengumandangkan pesan bahwa IP Indonesia siap mendunia,” katanya.

Kampanye “Maju Dari Aku” akan berlangsung selama bulan dua bulan, dengan armada Transjakarta melintasi rute strategis di Jakarta, melewati pusat kota, area wisata dan titik-titik keramaian.

Kampanye ini diharapkan dapat memperluas jangkauan promosi kreator lokal sekaligus menumbuhkan rasa bangga akan identitas budaya Indonesia. (dam)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button