Megapolitan

Pengamat: Tak Ada Korelasi Koalisi Pilpres Terjadi di Pilkada Jakarta

INDOPOSCO.ID – Pakar komunikasi politik Emrus Sihombing meyatakan tak ada korelasi antara koalisi di pemilihan presiden (Pilpres) 2024 dengan koalisi yang akan terjadi di Pilkada Jakarta November nanti.

Menurutnya, hal itu didasari besarnya Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD), sehingga masih tingginya politik pragmatis di provinsi bekas ibu kota negara ini.

“Pilkada Jakarta itu ibarat gula. Semua berupaya berkerumun dan mendapatkan kemenangan di Jakarta. APBD atau perputaran uangnya yang besar dibanding provinsi lain. Terlebih politik di negeri ini bukan politik ideologis melainkan politik pragmatis sehingga diyakini tak ada korelasi di Pilpres dengan Pilkada Jakarta,” kata Emrus kepad indopos.co.id, Minggu (30/6/2024).

Atas dasar itu, ucap Emrus, koalisi tiga poros yang terjadi di Pilpres juga bisa tidak terjadi, mengingat hingga saat ini belum ada petinggi partai politik yang berani mengeluarkan statement atas sosok calon kepala daerah, terkecuali Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang telah mengusung pasangan AMAN (Anies Baswedan – Sohibul Iman).

1 2Laman berikutnya
mgid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button