Megapolitan

Tanamkan Kepribadian Bangsa pada Pelajar Lewat Kebudayaan Daerah

INDOPOSCO.ID – Pentingnya pelestarian seni budaya daerah bagi pelajar. Agar seni dan budaya tradisional asli daerah tidak punah oleh serbuan budaya asing.

Pernyataan tersebut diungkapkan Kepala SDS Global Mandiri Cibubur ditemui INDOPOS.CO.ID di sela-sela pagelaran kolosal wayang orang dengan tema “Ksatria Pringgondani” di Taman Ismail Marzuki (TIM) di Jakarta, Sabtu (15/6/2024).

Dengan mengenal budaya tradisional, menurut dia, anak-anak akan meresapi lekuk-lekuk nilai yang tersimpan dalam kesenian dan kebudayaan daerah yang lebih sesuai dengan kepribadian bangsa Indonesia.

“Inilah salah satu landasan kami melaksanakan pagelaran seni dan budaya,” katanya.

Ia menambahkan, pagelaran kolosal ini untuk menumbuhkan kecintaan terhadap budaya nasional, menyalurkan bakat dan minat siswa serta melatih kedisiplinan. Selain itu juga untuk menumbuhkan rasa tanggung jawab, menjalin solidaritas, dan memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi siswa.

“Ksatria Pringgondani ini menceritakan kisah tokoh pewayangan legendaris dari Pulau Jawa Bernama Gatotkaca yang menunjukkan kepahlawanan dan pengorbanan demi memperjuangkan kebenaran di medan perang Kurusetra,” ungkapnya.

1 2Laman berikutnya
mgid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button