Megapolitan

Sembilan Kelurahan di Jakarta Utara Siaga Rob

INDOPOSCO.ID – Sembilan kelurahan di wilayah Jakarta Utara berstatus siaga rob setelah pos pantau Pintu Air Pasar Ikan, Penjaringan, dengan ketinggian permukaan air laut mencapai 220 sentimeter (cm) pada Rabu pukul 07.00 WIB.

Sembilan kelurahan di Jakarta Utara berpotensi terdampak kenaikan air laut (rob), yakni Kamal Muara, Kapuk Muara, Penjaringan, Pluit, Ancol, Kamal, Marunda, Cilincing dan Kalibaru.

Berdasarkan kronologi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) di Jakarta, status siaga (siaga 2) rob pertama kali diperoleh pada Rabu pukul 04.00 WIB, setelah ketinggian permukaan air di Pintu Air Pasar Ikan mencapai 207 cm. Sebelumnya, pukul 01.00 hingga 03.00 WIB masih berstatus waspada (siaga 3).

Perubahan status menjadi siaga rob dipicu pasang air laut yang meningkat. Berdasarkan prakiraan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pada Senin (16/1), saat ini ada fenomena Super New Moon atau Fase Bulan Baru yang bersamaan dengan periode jarak terdekat Bulan ke Bumi (Perigee) pada 21 Januari 2023.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button