Internasional

Rusia Tegaskan Tidak Punya Niat Serang Ukraina

INDOPOSCO.ID – Duta Besar Rusia untuk Indonesia Lyudmila Vorobieva menanggapi tuduhan negara-negara Barat dengan menerangkan bahwa negaranya tidak punya niat sama sekali untuk menyerang Ukraina.

“Saya akan mengulangi kembali pernyataan Presiden dan Menteri Luar Negeri Rusia bahwa Rusia tidak punya niat untuk menyerang Ukraina. Mengapa pula kami ingin melakukan hal itu?” tutur Vorobieva pada Jumat (18/2/2022), seperti dikutip pada sesi wawancara Antara.

Dubes Rusia itu mengatakan pihaknya menganggap Ukraina sebagai kerabat sehingga Rusia tidak mungkin menyerang Ukraina.

“Saya lahir di Ukraina. Saya bukan orang Ukraina, saya orang Rusia namun kami melihat warga Ukraina sebagai kerabat kami. Mengapa kami mau berkelahi dengan kerabat kami sendiri? Itu suatu pandangan yang tidak masuk ide,” ucapnya.

Baca Juga: Unit Infanteri Rusia Tinggalkan Krimea

Menanggapi kekhawatiran negara-negara Barat, khususnya aliansi Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO), mengenai peningkatan kehadiran pasukan Rusia di perbatasan dengan Ukraina, Vorobieva menilai bahwa kekhawatiran Barat itu sebagai hal yang tidak masuk akal.

“Kami (Rusia) mempunyai perbatasan dengan Ukraina, jadi tentu saja ada pasukan Rusia dekat perbatasan, tetapi pasukan itu masih berada pada sisi wilayah kami,” jelasnya.

“Kata kuncinya di sini adalah pasukan itu berada di wilayah Rusia. Tidak ada satu pun tentara atau kendaraan Rusia yang menyeberangi perbatasan. Dan kami mengadakan latihan militer dengan para sekutu dan teman kami–seperti Belarus, kami juga mempunyai hak sepenuhnya untuk melakukan itu,” lanjut Vorobieva.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button