Internasional

AS Upayakan Cara Diplomatik Redakan Ketegangan Rusia-Ukraina

INDOPOSCO.ID – Amerika Serikat (AS) tengah mengupayakan cara diplomatik yang mungkin bisa dilakukan untuk membantu menyurutkan ketegangan yang meningkat antara Rusia dan Ukraina.

“Kami berkomitmen untuk mengejar semua cara diplomatik untuk mengakhiri krisis ini,” tutur pejabat senior Kedutaan AS di Jakarta dalam press-briefing secara virtual di Jakarta, Jumat (18/2/2022), seperti dikutip Antara.

Lebih lanjut, pejabat yang sungkan mengatakan namanya itu mengatakan banyak kebijaksanaan yang sedang berjalan, terutama dengan Rusia.

Akhir pekan lalu Presiden Biden Joe Bidan berbicara dengan Presiden Rusia Vladimir Putin untuk memperjelas bahwa AS siap untuk terus mengejar diplomasi tingkat tinggi guna mencapai pemahaman tertulis di antara Rusia, Amerika Serikat, dan negara-negara Eropa untuk mengatasi masalah keamanan yang sah.

Pejabat itu mengatakan terdapat lebih dari 200 pertemuan, panggilan telepon, konferensi video dengan Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO), Uni Eropa (EU), Organisasi Keamanan dan Kerja sama di Eropa (OSCE) serta mitra dan sekutunya di seluruh Eropa dan sekelilingnya.

Namun, AS menyatakan kesiapan dalam membantu Ukraina, termasuk bantuan pertahanan guna memperkuat pertahanan Ukraina dalam menghadapi ancaman dan gempuran Rusia yang meningkat.

Baca Juga: Unit Infanteri Rusia Tinggalkan Krimea

Dukungan itu juga disampaikan Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken dalam pidatonya di Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada Kamis (17/2/2022).

Menurut AS, situasi di Ukraina pantas menemukan perhatian dunia karena ancaman perang yang membayangi Eropa karena Presiden Putin ditaksir dapat menyerang bila saja.

Terdapat 150.000 tentara yang mengitari sepanjang perbatasan Ukraina dan Belarus.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button