Internasional

Waow! Akibat Jatuhkan Jangkar di Laut, Nahkoda Ini Didenda Triliunan Rupiah

INDOPOSCO.ID – Akibat menjatuhkan jangkar (drop anchor) di zona terbatas sampai dengan zona terlarang, Zhang Deyi, Ever Judge Holding Company Limited, Fleet Management Ltd dan PT Penascop Maritim Indonesia harus membayar lebih dari Rp1,5 triliun dan lebih dari USD 23 ribu.

“Akibat perbuatan mereka menyebabkan pipa bawah laut milik PT. Pertamina (Persero) putus/rusak dan minyak mentah yang berada di dalam pipa juga keluar dan menyebabkan tumpahan minyak di laut,” kata Otto Hasibuan, kuasa hukum PT Pertamina (Persero) dalam keterangan, Minggu (23/1/2022).

Dalam amar putusannya, majelis hakim pengadilan negeri Jakarta Selatan mengabulkan gugatan PT. Pertamina (Persero).

“Akibat perbuatannya, hakim menilai nahkoda melanggar hak keperdataan PT. Pertamina (Persero) yang secara subjektif dilindungi oleh ketentuan peraturan perundang-undangan untuk memiliki dan mengoperasikan pipa bawah laut (subsea pipeline),” katanya.

Perlu diketahui, Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan yang diketuai oleh Nazar Effriandi Siregar, S.H. dengan hakim anggota H. Bawono Effendi, S.H., M.H., dan Hapsoro Restu Widodo, S.H., pada hari Rabu, tanggal 19 Januari 2022, melalui putusannya Nomor: 976/Pdt.G/2018/PN.Jkt.Sel menyatakan mengabulkan gugatan PT. Pertamina (Persero).

Baca Juga : Ada Koper Hitam Mencurigakan di Sulsel, Jihandak Turun Tangan. Hasilnya?

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button