Internasional

Presiden Korsel Ampuni Eks Presiden Park Geun-Hye

INDOPOSCO.ID – Presiden Korea Selatan (Korsel) Moon Jae-In memaafkan mantan Presiden Park Geun-Hye, yang sedang menjalani hukuman penjara karena korupsi, kata kementerian kehakiman, Jumat (24/12/2021).

Ampunan itu diberikan Moon di tengah persaingan ketat pemilihan presiden. Pengacara Park, Yoo Yeong-Ha mengatakan, Park sudah menyampaikan permintaan maaf karena telah merugikan publik. Ia juga menyatakan terima kasih kepada Presiden Moon karena telah mengambil suatu keputusan sulit.

Kantor Presiden Moon mengatakan pengampunan diberikan pada Park dengan niat untuk “menyelesaikan masa lalunya yang getir, mendorong kesatuan bangsa, dan bergandengan tangan menuju masa depan.”

Berita Terkait

Park (69 tahun) merupakan presiden pertama Korsel yang terpilih secara demokratis namun didepak dari jabatannya ketika Mahkamah Konstitusi mengukuhkan keputusan parlemen pada 2017 untuk memakzulkan dia terkait sebuah skandal.

Skandal tersebut juga menarik pemimpin 2 perusahaan raksasa, termasuk Samsung, ke balik jeruji. Park dipecat sebagai presiden setelah ia dinyatakan bersalah bersekutu dengan seorang temannya untuk menerima dana puluhan miliyar won dari perusahaan-perusahaan besar.

Uang tersebut sebagian besar digunakan untuk membiayai keluarga temannya serta yayasan-yayasan nirlaba. Pada Januari, mahkamah konstitusi menetapkan hukuman 20 tahun penjara pada Park atas dakwaan korupsi.

Baca Juga: Infeksi Covid di Teluk Arab Melonjak Lagi

Hukuman itu merupakan akhir kejatuhannya dari kekuasaan serta akhir dari proses hukum. Presiden Moon sebelumnya menyatakan niat bahwa ia tidak akan memaafkan orang-orang yang dihukum karena korupsi.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button