Internasional

Karhutla Terkendali, Syarat Penting Capai Target NDC

INDOPOSCO.ID – Pengendalian kebakaran hutan dan lahan merupakan komponen vital dalam memastikan pencapaian target nasional dalam pengurangan emisi karbon sebagaimana yang dicanangkan dalam Nationally Determined Contribution (NDC) Indonesia.

Hal tersebut mengemuka dalam talk show khusus Paviliun Indonesia pada COP 26 di Glasgow bertajuk “Robust Actions on Integrated Forest Fire Management” dalam rangka “Sinergitas Sumber Daya Dalam Mencapai Indonesia Net Sink FOLU 2030”.

Hadir sebagai pembicara antara lain Wakil Kapolri, Komisaris Jenderal Polisi Dr. Gatot Eddy Pramono, M.Si, Kapolda Jambi Irjen Albertus Rachmad Wibowo, SIK dan pihak swasta seperti Dirut APRIL Pulp and Paper Sihol Aritonang, serta akademisi ahli kebakaran hutan dr IPB Prof.Dr. Ir. Bambang Hero Saharjo serta Tenaga Ahli Menteri LHK Bidang Manajemen Landscape Fire Dr. Ir. Raffles B Panjaitan, M.Sc yg sebelumnya 7 tahun sebagai Direktur pengendalian kebakaran Hutan dan Lahan.

Di forum tersebut, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menunjukkan pengalaman selama tujuh tahun mengendalikan dan memerangi kebakaran hutan dan lahan, dengan dukungan para pemangku kepentingan.

Presiden Joko Widodo sejak 2016, menegaskan kembali komitmen Indonesia untuk mencegah kebakaran yang di masa lalu berulang setiap tahun.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button