Internasional

Biden Janjikan Dana Rp56,3 Triliun untuk Vaksin COVAX

INDOPOSCO.ID – Pemerintahan Amerika Serikat (AS) dalam pertemuan G7 menyatakan komitmen pendanaan senilai empat miliar dollar AS (sekitar Rp 56,3 triliun) dalam membantu program pengadaan vaksin global COVAX.

Presiden Joe Biden seperti dikutip Antara, Jumat (19/2/2021), akan memanfaatkan pertemuan pertamanya dengan kelompok tujuh ekonomi terbesar dunia itu untuk mengumumkan sumbangan sebesar dua miliar dolar AS (sekitar Rp 28,15 triliun) untuk program tersebut.

Pemerintah AS akan memberikan sisa dana yang dijanjikan itu dalam dua tahun mendatang, selagi negara-negara lain membuat dan memenuhi janji pendanaan mereka masing-masing, kata pejabat tersebut. “Kami ingin mengubah 2 miliar dolar ini menjadi beberapa miliar dolar, setidaknya hingga 15 miliar dolar,” kata pejabat tersebut, saat menyebutkan jumlah dana yang dibutuhkan untuk program vaksinasi global. Pendanaan yang dijanjikan AS saat ini sudah mendapatkan persetujuan dari Kongres.

COVAX merupakan fasilitas pengadaan vaksin Covid-19 secara multilateral yang terutama ditujukan untuk negara-negara berkembang dan miskin. Fasilitas ini digagas bersama oleh lembaga internasional, salah satunya Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button