Internasional

Hamas-Fatah Berunding, Mesir Buka Perlintasan Rafah

INDOPOSCO.ID – Otoritas di Mesir membuka perlintasan Rafah yang berbatasan dengan Jalur Gaza sampai batas waktu yang belum ditentukan, kata dua narasumber dari Mesir dan Palestina.

Kebijakan baru itu diyakini sebagai bentuk dukungan dari Mesir untuk Palestina, setelah dua faksi utamanya, Fatah dan Hamas, bertemu di Kairo, Senin (8/2).

Fatah, yang mengendalikan Tepi Barat, dan Hamas, yang mengendalikan Jalur Gaza, bertemu di Kairo dalam perundingan yang difasilitasi oleh Mesir. Fatah merupakan kelompok yang mendukung Presiden Mahmoud Abbas, sementara Hamas merupakan barisan oposisi pemerintah.

Pertemuan itu digelar demi mengatasi berbagai perbedaan sikap antara Hamas dan Fatah jelang pemilihan umum di Palestina tahun ini.

Faksi Fatah, yang mendukung Abbas, masih membuka diri terhadap negosiasi, sementara Hamas menolak keras adanya perundingan dengan Israel.

Jalur Gaza, daerah seluas 365 kilometer persegi, yang dikendalikan oleh Hamas, merupakan rumah bagi dua juta warga Palestina.

Namun, adanya blokade yang dipasang oleh Israel mengelilingi Gaza telah membatasi pergerakan orang dan barang selama bertahun-tahun di daerah tersebut.

Mesir telah membuka perlintasan Rafah selama beberapa hari agar orang-orang yang terjebak di daerah itu dapat melanjutkan perjalanannya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button