Headline

Pakar Ungkap Cara Pemulihan Data Buntut Serangan Siber PDN

INDOPOSCO.ID – Pengamat Siber Pratama Persadha mengemukakan, ada beberapa cara untuk melakukan pemulihan data imbas dari serangan siber ransomware pada Pusat Data Nasional (PDN) baru-baru ini. Salah satunya backup dari data digital yang masih disimpan oleh institusi.

Seperti halnya dilakukan Dirjen Imigrasi, yang berhasil mengembalikan layanan menggunakan data backup yang masih tersimpan pada server mereka yang berlokasi di Batam.

“Cara selanjutnya, adalah melakukan entry ulang data yang semula tersimpan di PDN menggunakan data hardcopy yang masih disimpan oleh institusi,” kata Pratama saat dikonfirmasi, Jakarta, Jumat (28/6/2024).

Meskipun cara tersebut tentunya membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Terlebih lagi jika data yang ada jumlahnya besar. “Hal tersebut masih mungkin untuk dilakukan,” ujar Pratama.

Ia menambahkan, opsi paling sulit dilakukan adalah melakukan kriptoanalisis dari file terenkripsi dan mencari kombinasi kunci, yang bisa dipergunakan untuk membuka file terkunci.

“Hal ini akan membutuhkan skill, waktu serta sumberdaya komputasi yang besar,” jelas Chairman Communication and Information System Security Research Center (CISSReC) itu.

1 2Laman berikutnya
mgid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button