Headline

Komisioner Komnas HAM Harus Bisa Lanjutkan Dialog Damai Papua

INDOPOSCO.ID – Ketua Tim Panitia Seleksi (Pansel) Calon Anggota Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) RI Prof Anwar Makarim Wibisono mengatakan Komisioner Komnas HAM periode 2022- 2027 harus bisa melanjutkan dialog damai di Tanah Papua.

“Misalnya mencari jalan untuk dialog damai dengan Papua termasuk mendorong bagaimana kasus Paniai segera selesai,” kata Ketua Tim Pansel Calon Anggota Komnas HAM RI 2022- 2027 Prof Anwar Makarim di Jakarta, seperti dikutip Antara, Selasa (4/10/2022).

Kemudian, ia juga berpesan agar calon anggota Komnas HAM periode baru bisa menyelesaikan berbagai masalah-masalah atau pelanggaran HAM di masa lalu.

Secara umum Prof Makarim melihat sembilan nama yang dipilih oleh Komisi III DPR RI merupakan yang terbaik dari 14 nama yang disodorkan Tim Pansel saat uji kelayakan dan uji kepatutan.

Apalagi, untuk periode 2022-2027 terdapat perubahan signifikan di antaranya keterwakilan 30 persen perempuan dengan terpilihnya tiga komisioner perempuan serta adanya perwakilan dari penyandang disabilitas.

Baca Juga: Komnas HAM Minta Keberadaan Brigif 20 Timika Dievaluasi

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button