Headline

Kebijakan Mobil Listrik Jokowi Bisa Kurangi Ketergantungan BBM

INDOPOSCO.ID – Pakar kebijakan publik Trubus Rahadiansyah menyatakan kebijakan Presiden Jokowi soal penggunaan mobil listrik akan mengurangi ketergantungan masyarakat terhadap bahan bakar minyak (BBM).

“Menurut saya ini sebuah kebijakan yang baik, dalam arti untuk mengurangi ketergantungan BBM, secara logika kebijakan sih bagus,” kata Trubus seperti dikutip Antara, Sabtu (17/9/2022).

Pemerintah mengeluarkan kebijakan melalui Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 7 Tahun 2022 tentang Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai sebagai kendaraan dinas operasional dan atau kendaraan perorangan dinas instansi pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

Melalui Inpres tersebut, Presiden Jokowi berkomitmen melakukan transisi energi dari sumber fosil ke energi baru dan terbarukan. Selain itu kebijakan ini juga dapat mengurangi emisi karbon dan menyelamatkan bumi dari ancaman perubahan iklim.

Trubus berharap selain inpres penggunaan mobil listrik sebagai kendaraan dinas, pemerintah juga didorong untuk menyiapkan infrastruktur pendukungnya, seperti tempat pengisian daya untuk mobil listrik.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button