Headline

Lima Simpatisan Tersangka Pencabulan Jombang Terancam Pidana 5 Tahun

INDOPOSCO.ID – Polda Jatim telah menetapkan lima orang tersangka dari 321 orang simpatisan MSAT yang ditangkap atas kasus pencabulan di Pesantren Jombang, Jawa Timur.

Ditreskrimum Polda Jatim Kombes Totok Suharyanto mengatakan lima orang tersebut saat ini ditahan petugas kepolisian karena dianggap menghalangi petugas saat melakukan proses penyidikan. “Satu orang tersangka terlibat dalam kejadian hari Minggu (3/7), saat penyergapan, dan 4 orang tersangka dalam kejadian proses penangkapan tersangka MSAT, Kamis (7/7) di pondok,” kata Totok seperti dikutip Antara, Jumat (8/7/2022).

Ia mengungkapkan terkait penetapan status tersangka ini, kelima orang tersebut dijerat dengan Pasal 19 UU No. 12 Tahun 2022, tentang tindak pidana asusila, khususnya dengan perbuatan mencegah dan menghalangi proses penyidik. “Dalam konteks ini, saat dilakukan tahap 2 ancaman hukumannya 5 tahun penjara,” katanya.

Berita Terkait

Totok menambahkan, untuk ratusan simpatisan lainnya saat ini masih berstatus sebagai saksi dan akan dipulangkan usai proses pemeriksaan. Dikonfirmasi soal status kedua orang tua tersangka MSAT, Totok menyatakan, keduanya dianggap kooperatif karena dari kedua orangtua tersangka itulah, MSAT akhirnya mau menyerahkan diri. “Keduanya (orangtua) kooperatif, sehingga MSAT mau menyerahkan diri,” katanya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button