Headline

Pilihan Jokowi akan Jadi “Penentu” Siapa Cawapres Prabowo

INDOPOSCO.ID – Direktur Lembaga Survei dan Polling Indonesia (SPIN) Igor Dirgantara mengungkapkan ada keinginan publik agar Presiden Joko Widodo memilihkan calon wakil presiden sebagai pendamping Prabowo Subianto di Pilpres 2024.

“Berdasarkan survey, ternyata publik ingin cawapres Prabowo dipilih oleh Presiden Jokowi jika nanti maju lagi pada Pilpres 2024,” kata Igor Dirgantara ketika menyampaikan Temuan Hasil Survei Kepemimpinan Nasional 2024 seperti dikutip Antara, Jumat (8/7/2022).

Igor berpendapat hasil survei periode Juli ini mengungkapkan kecenderungan pemilih Presiden Joko Widodo akan bermigrasi ke Prabowo mengingat sang Presiden tak bisa lagi maju pada pemilu mendatang.

Alasan lainnya, publik mengapresiasi keputusan Prabowo bergabung dengan pemerintahan Presiden Joko Widodo-Ma’ruf Amin, kinerja positif Prabowo sebagai Menteri Pertahanan, dan sentimen di media sosial juga positif.

Igor mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo berpotensi menjadi king maker atau orang yang memiliki kekuatan besar dalam sebuah hasil pemilihan presiden. Hal ini bila tidak ada calon presiden yang dominan pada Pilpres 2024.

“Kalau pada tahun 2024 tidak ada calon yang dominan seperti Presiden SBY pada tahun 2009 dan Presiden Jokowi pada tahun 2019, peluang Presiden Joko Widodo sebagai king maker makin kuat karena tidak ada calon yang dominan. Apalagi, ada presidential threshold 20 persen,” kata dia.

Selain pilihan Presiden Jokowi, hasil survei SPIN juga mengungkap nama-nama urutan kedua hingga kelima berdasarkan keinginan publik mendampingi Prabowo, yakni Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (10,9 persen), Ketua DPR Puan Maharani (10,3 persen), Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (9,9 persen), dan Wakil Ketua DPD Muhaimin Iskandar (7,2).

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button