Headline

Duh Jamaah Haji Indonesia Sering Tak Tahu Arah Pulang ke Hotel

INDOPOSCO.ID – Petugas haji Indonesia masih sering menemukan jamaah yang tidak tahu atau tersesat saat akan kembali pulang ke hotel atau pemondokan, selepas melakukan berbagai kegiatan seperti salat di Masjid Nabawi.

“Sampai saat ini, masih banyak jamaah yang diketahui bingung arah pulang ke hotel atau pemondokannya. Hal itu terjadi setelah habis salat di Masjid Nabawi atau setelah keluar hotel,” ujar Sekretaris Daker Madinah Abdillah MT dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Senin (13/6/2022).

Abdillah mengatakan sebagian besar jamaah yang lupa arah pulang karena tidak membawa kartu nama hotel yang sudah dibagikan. Padahal, kartu nama hotel itu bisa menjadi sarana untuk bertanya kepada petugas yang ada di sekitaran Masjid Nabawi.

“Mereka kebanyakan jamaah yang belum pernah umrah atau berhaji. Mereka biasanya tidak memperhatikan orientasi arah khususnya terkait pintu di Masjid Nabawi,” kata dia.

Maka dari itu, Abdillah membagikan sejumlah tips yang bisa dilakukan jamaah jika lupa arah pulang ke hotelnya. Jamaah calon haji diminta tetap tenang, tidak perlu panik, sebab banyak petugas haji Indonesia di sekitar Masjid Nabawi.

Baca Juga: Jamaah Haji Dibatasi Masuk Raudhah Sesuai Jadwal

Kemudian, wajib membawa kartu nama hotel dan tunjukkan saat bertanya kepada petugas yang ada di sekitar Masjid Nabawi. Hal yang bisa dilakukan lagi yakni kenali patokan/penanda yang mengarah pada hotel tempat tinggal.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button