Gaya Hidup

Gaya Hidup Buruk Mempengaruhi Penggunaan Narkoba

INDOPOSCO.ID – Gaya hidup yang buruk dapat menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kecenderungan seseorang untuk menggunakan, bahkan hingga kecanduan narkoba.

“Gaya hidup yang dimaksud adalah gaya hidup yang kacau, misalnya karena pengangguran, kesulitan keuangan, melakukan kejahatan, dan hubungan sosial yang berpusat di sekitar penggunaan narkoba,” ujar Psikolog dari Universitas Indonesia Kasandra A. Putranto pada Senin (13/6/2022).

Dia menambahkan, jejaring sosial yang dimiliki seseorang juga memainkan peran kunci dalam menentukan jenis gaya hidup yang dijalani. Oleh karenanya, tingkat penggunaan obat-obatan terlarang di jejaring sosial juga dapat mempengaruhi tingkat penggunaan oleh seseorang individu. Selain itu, faktor keluarga juga dapat mempengaruhi.

“Faktor-faktor seperti tekanan teman sebaya, pelecehan fisik dan seksual, paparan dini terhadap obat-obatan, stres, dan bimbingan orang tua dapat sangat mempengaruhi kemungkinan seseorang menggunakan dan kecanduan narkoba,” katanya.

“Gejala depresi seperti suasana hati yang buruk juga dapat menyebabkan seseorang menyalahgunakan obat-obatan,” tambah dia.

Baca Juga: Nyamar Jadi Pembeli Narkoba, Dua Polisi Ditusuk Pelaku

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button