Headline

Sepekan, Merapi Muntahkan 101 Kali Guguran Lava

INDOPOSCO.ID – Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) menyebutkan Gunung Merapi di perbatasan Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta itu mengeluarkan guguran lava sebanyak 101 kali selama sepekan terakhir.

“Guguran lava teramati sebanyak 101 kali ke arah barat daya dominan ke Sungai Bebeng, dengan jarak luncur maksimal 1.800 meter,” kata Kepala BPPTKG Agus Budi Santoso melalui keterangan tertulis yang diterima di Yogyakarta, Sabtu (4/6/2022).

Ia menyebutkan berdasarkan pengamatan, mulai 27 Mei-2 Juni 2022, gunung api aktif itu juga terpantau satu kali mengeluarkan awan panas guguran ke arah barat daya atau hulu Sungai Bebeng, dengan jarak luncur 1.500 meter.

Sementara itu, berdasarkan analisis morfologi dari Stasiun Kamera Deles5, Tunggularum, dan Babadan2 tidak teramati perubahan ketinggian, baik kubah barat daya maupun kubah tengah.

“Berdasarkan analisis foto volume kubah lava barat daya terhitung sebesar 1.551.000 meter kubik, dan kubah tengah sebesar 2.582.000 meter kubik,” kata dia.

Intensitas kegempaan Merapi selama sepekan terakhir, menurut dia, masih cukup tinggi.

Baca Juga: Gunung Merapi Luncurkan Awan Panas Guguran Tiga Kali ke Barat Daya

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button