Headline

Pemudik Disarankan Vaksin Booster Dua Pekan Sebelumnya

INDOPOSCO.ID – Koordinator Tim Pakar dan Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito meminta masyarakat yang akan melakukan kegiatan mudik untuk memenuhi dosis vaksinasi booster minimal dua pekan sebelumnya.

“Diimbau kepada masyarakat segera memenuhi dosis vaksinasi lengkap maupun booster sekurang-kurangnya dua minggu khususnya sebelum menjalankan kegiatan sosial berskala besar seperti mudik,” kata Wiku dalam konferensi pers “Perkembangan Penanganan Covid-19 di Indonesia”, yang diikuti di Jakarta, Selasa (5/4/2022).

Hal tersebut karena imunitas tidak bisa terbentuk secara instan, namun membutuhkan waktu satu hingga dua pekan setelah divaksinasi.

Baca Juga : Vaksinasi Selama Ramadhan Disarankan Jelang Buka

“Imunitas tidak bisa serta-merta terbentuk secara instan, para ahli imunologi sepakat bahwa proses pembentukan antibodi dalam tubuh rata-rata memakan waktu satu sampai dua minggu setelah penyuntikan,” katanya.

Oleh karena itu, dia meminta masyarakat yang belum memenuhi dosis vaksin lengkap atau booster untuk segera melakukan vaksinasi.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button