Headline

Pengamat: Waspada Dampak Kelangkaan Solar

INDOPOSCO.ID – Pengamat ekonomi energi Universitas Gadjah Mada Fahmy Radhi meminta pemerintah untuk mewaspadai kelangkaan solar karena bisa memicu kenaikan harga kebutuhan pokok di masyarakat akibat proses distribusi barang yang terganggu.

“Terhambatnya distribusi tersebut berpotensi makin menyulut kenaikan harga-harga kebutuhan pokok yang sebelumnya sudah mengalami kenaikan signifikan,” ujarnya dalam keterangan yang dikutip di Jakarta, Jumat.

Sebelumnya, Pertamina mengklaim stok solar subsidi aman secara nasional pada level 20 hari dan kelangkaan yang terjadi saat ini karena peningkatan permintaan sekitar 10 persen di atas kuota akibat pelonggaran kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat atau PPKM.

Fahmy menyampaikan bahwa Pertamina mestinya sudah bisa mengantisipasi kenaikan permintaan yang hanya sekitar 10 persen tanpa menimbulkan kelangkaan solar subsidi.

Baca Juga : Dua Orang Dibekuk Timbun Solar Subsidi di Padang

Menurutnya, keterlambatan pasokan solar itu menyebabkan antrian panjang truk dan kendaraan umum. Bahkan sejumlah nelayan tidak bisa melaut untuk mencari ikan karena kesulitan mendapatkan solar untuk perahu mereka.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button