Headline

Cegah Omicron saat Nataru, Pintu Masuk Negara Harus Diperketat

INDOPOSCO.ID – Pemerintah pusat melalui Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) telah mengeluarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 66 Tahun 2021 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Corona Virus Disease 2019 pada saat Natal Tahun 2021 dan Tahun Baru Tahun 2022.

Inmendagri ini mengatur terkait percepatan vaksinasi dan juga protokol kesehatan yang diterapkan selama libur dan saat perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Satgas Penanganan Covid-19 meminta masyarakat untuk mematuhi Inmendagri yang ada sehingga tidak terjadi gelombang ketiga penyebaran Covid-19 dan munculnya varian baru Covid-19 yakni Omicron.

Baca Juga : Cegah Kemungkinan Terburuk Transmisi Lokal Omicron, Pemerintah Diminta Lakukan Ini

“Kalau kepatuhan tentunya ada satgas yang memonitor dan memastikan masyarakat mematuhi Inmendagri yang ada. Selain itu ada teman-teman TNI-Polri dan juga pemerintah daerah yang melakukan pengawasan,” ujar Juru Bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes), dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid, kepada INDOPOSCO, Rabu (22/12/2021).

Nadia mengatakan kalau berbicara varian Omicron maka pintu masuk negara harus diperketat. Nadia juga mengimbau kepada masyarakat untuk membatasi mobilitas dan segera divaksin.

“Walau kita terpaksa melakukan perjalanan, harus dipastikan telah divaksin dan tetap taat melaksanakan protokol kesehatan,” kata Nadia.

Baca Juga : Perbedaan Varian Omicron dan Delta

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button