Ekonomi

Pos Indonesia Raih Dua Penghargaan di Ajang Human Capital & Performance Award 2021

INDOPOSCO.IDPT Pos Indonesia (Persero) mendapatkan penghargaan dalam Human Capital & Performance Award 2021. Dalam ajang tersebut, PT Pos Indonesia (Persero) ditetapkan sebagai Pemenang Penghargaan Human Capital & Performance Awards 2021 dengan score 4,50.

Pos Indonesia memenangkan dua kategori yakni PT Pos Indonesia (Persero) sebagai The Best Recruitment and Workforce Planning Strategy (Logistics Industries) dan Direktur SDM dan Umum PT Pos Indonesia (Persero) Tonggo Marbun meraih penghargaan sebagai Human Capital Director of the Year. Penyerahan penghargaan tersebut dilakukan di Jakarta, Rabu (22/12/2021).

Direktur SDM dan Umum PT Pos Indonesia (Persero) Tonggo Marbun menerima penghargaan tersebut secara langsung. Dalam kesempatan tersebut Tonggo Marbun menyampaikan terimakasih atas penghargaan yang telah diberikan.

Baca Juga : Pos Indonesia Sabet Tiga Penghargaan Top Digital Award 2021

“Penghargaan ini diraih oleh PT Pos Indonesia (Persero) atas upaya transformasi yang dilakukan selama setahun terakhir dan menjadi validasi bahwa proses transformasi yang sudah dan sedang dilaksanakan menuju ke arah yang tepat,” ujar dia.

Selain meraih penghargaan, Tonggo juga menjadi narasumber talkshow yang digelar dalam kesempatan yang sama beserta para pemenang lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, dia juga mengungkapkan, Pos Indonesia telah menjalankan tujuh program transformasi untuk membawa perusahaan dari the loser menjadi the winner yaitu business transformation, product and channel transformation, process transformation, technology transformation, human capital transformation, organization transformation dan culture transformation.

Baca Juga : PT Pos Indonesia Diperkuat 290 Kurir Khusus Wanita O-Ranger Mawar

“Di antara tujuh program transformasi tersebut, terdapat tiga program transformasi yang menjadi tanggung jawab Direktorat SDM dan Umum yaitu Human Capital Transformation, Organization Transformation dan Culture Transformation yang kemudian diformulasikan ke dalam tiga fokus area perbaikan sampai tahun 2024 mendatang yaitu human capital transformation, strategic capacity planning dan digital talent,” ujar Tonggo.

Ia menambahkan, terdapat beberapa aktivitas program yang sudah Pos Indonesia lakukan dalam tiga fokus area tersebut.

Diantaranya adalah, Pos Indonesia mulai membangun budaya digital. Tahun 2021 merekrut digital talent dan membangun digital mindset karyawan. Pos Indonesia juga melakukan akselerasi pengembangan human capital dengan kompetensi digital untuk membangun kapasitas digital karyawan. Untuk memastikan bahwa kapasitas digital karyawan up to date, Pos Indonesia juga melakukan program pengembangan dan pelatihan terstruktur serta berkesinambungan bagi digital talent sesuai kebutuhan bisnis.

Pos Indonesia mengubah center of learning yang sebelumnya ada di Learning Center Perusahaan ke self centered learning. Karyawan juga didorong agar menumbuhkan kesadaran dan kemauan belajar dari dalam dirinya. Selain, itu, Pos Indonesia membangun talent pool termasuk di dalamnya terdapat proporsi talent perempuan dan milenial serta mendorong talent mobility antar unit kerja dan ke Anak Perusahaan,” imbuhnya.

Sementara itu, lanjut Tonggo, untuk meningkatkan engagement karyawan, Pos Indonesia mengintegrasikan performance management system dengan talent management. Melalui Integrated Talent Management System (ITMS) ini, pengelolaan dan pengembangan talent Pos Indonesia dilakukan.

Selain itu, Pos Indonesia juga menyiapkan pemimpin-pemimpin Pos Indonesia dengan melakukan program pengembangan. Untuk mengisi kebutuhan pemimpin, Pos Indonesia telah melakukan ADP (Accelerated Development Program) untuk mengejar gap kompetensi dan akselerasi karir milenial leader. Akselerasi karir milenial leader ini dimaksudkan untuk mengisi gap leader di posisi yang lebih tinggi. Sedangkan untuk keperluan jangka panjang, Pos Indonesia memiliki program LDP (Leadership Development Program) untuk mendorong pengembangan future leader.

Pos Indonesia juga mengubah man power planning sesuai dengan perkembangan bisnis yang baru, mendorong program kemitraan di bidang pekerjaan tertentu dan pembentukan kompetensi baru sesuai dengan kebutuhan bisnis (re-modelling manpower) untuk mendorong productivity enhancement, mengubah kapasitas organisasi agar lebih fokus pada bisnis, simplifikasi birokrasi dan sentralisasi fungsi support dan terakhir, melakukan sentralisasi dan digitalisasi human capital service untuk meningkatkan employee experience,” jelas Tonggo.

Ketua penyelenggara Human Capital & Performance Award 2021, Irnanda Laksanawan menyatakan, pihaknya melakukan penilaian terhadap terhadap para peserta dengan kriteria yang telah ditetapkan sebelumnya.

“Penghargaan tersebut berdasarkan penilaian yang dilakukan secara objektif dan independen oleh Tim Penilai dan Dewan Juri. Proses seleksi diawali dari penilaian Human Capital & Performance Awards 2021 dari lebih 400 perusahaan di Indonesia,” ungkapnya, dalam sambutannya.

Acara Human Capital & Performance Award 2021 ini diadakan oleh Majalah BusinessNews Indonesia dan bekerja sama dengan Forum Human Capital Indonesia (FHCI), Indonesian Institute For Corporate Directorship (IICD), Indonesian Institute for Public Governance (IIPG), Human Capital Institute – USA, Universitas Indonesia (UI), Universitas Bina Nusantara (BINUS) yang bertema “Accelerating Corporate Value Through Human Capital for The Next Normal’’.

Event ini bertujuan untuk mendorong prestasi dan kinerja perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), anak usaha afiliasi, BUMD, Swasta Nasional agar melakukan transformasi digital dalam pengembangan, pengelolaan, pembelajaran serta inovasi guna menciptakan talenta yang profesional dan berkualitas global, terlebih di masa pandemi ini. (srv)

Back to top button